Contact to us

harga wooden blind onna
Horizontal Blind

Wooden Blind Menjadi Solusi Tirai yang Minimalis

Wooden Blind Menjadi Solusi Tirai yang Minimalis


Wooden blind telah menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mendapatkan sebuah kesan minimalis di dalam interior ruangannya. Selain itu, tirai yang terbuat dari kayu ini juga telah menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mendapatkan kesan natural dan lembut. Memang, blind jenis ini telah diyakini begitu cocok dengan berbagai jenis desain interior. Penggunaannya yang luas ternyata telah menaikkan pamornya di antara semua jenis tirai minimalis.

Keunggulan Wooden Blind Dibanding Blind Jenis Lain

Apa itu wooden blind? Jawabannya sudah tentu adalah tirai yang terbuat dari kayu. Ini merupakan salah satu jenis blind yang banyak tersedia di pasaran. Sebelum membahas tentang blind yang terbuat dari kayu ini, alangkah baiknya kita membahas apa itu blind terlebih dahulu.

Blind sendiri merupakan jenis tirai minimalis yang berfungsi untuk menggantikan gorden. Keberadaan gorden memang sudah cukup untuk menjaga privasi di dalam sebuah ruangan. Namun, tidak semua tempat bisa menggunakan gorden sebagai alat penutup jendela. Salah satu contoh tempat yang tidak mungkin dipasangi gorden adalah perkantoran.

Oleh karenanya, diperlukan sebuah lembaran penutup yang dapat menjaga pandangan orang luar terhadap kondisi di dalam ruangan. Dari sinilah muncul ide untuk blind, yakni sekumpulan bilah-bilah tipis yang dikaitkan menjad satu untuk memebentuk sebuah blokade agar sinar dan pandangan tidak bisa menembusnya.

Di Indonesia sendiri, blind sebenarnya sudah digunakan sejak jaman dahulu dalam bentuk tirai yang biasanya terbuat dari bambu. Namun, untuk mengakomodasi kebutuhan formal, dibuatlah blind dalam berbagai bentuk dan sistem buka tutup. Jenis-jenis blind yang tersedia di pasaran antara lain adalah roller blind, vertical blind, serta horizontal blind. Blind tipe wooden sebenarnya hanyalah soal bahan, tepatnya bahan bilah yang terbuat dari kayu. Jadi, wooden blind sendiri bisa dibuka tutup dengan berbagai cara, yakni rolling, vertical, dan horizontal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wooden blind memang banyak diminati karena kemudahannya untuk membaur dengan berbagai jenis desain interior. Jika Anda perhatikan, desain saat ini tengah merujuk kembali ke desain-desain yang penuh dengan nuansa alami serta minimalis, di mana kedua desain tersebut sangat dominan dengan warna gelap, yakni hitam dan cokelat. Di sinilah letak keunggulan sebuah blind tipe wooden, yakni warga cokelat gelapnya yang mampu memperkuat kesan natural dan minimalis secara bersamaan. Lalu, apa saja keunggulan dari sebuah blind tipe wooden? Berikut uraiannya.

  1. Aestetik atau Keindahan

Ya, hal ini telah kita bahas sebelumnya. Sebuah blind yang terbuat dari kayu memang akan nampak cocok dengan berbagai jenis desain interior, terlebih lagi jika Anda mengedepankan kesan natural yang lembut dengan tambahan meja kayu, lemari kayu, serta sofa atau furniture lainnya yang menggunaka warna cokelat gelap atau hitam sebagai warna dominannya. Ditambah dengan berbagai hiasan yang menunjukkan nuansa alam seperti tanaman hias atau bahkan sekedar lukisan, maka lengkap sudah kesan yang diberikan ke dalam ruangan tersebut.

  1. Privasi yang Terjaga

Jika Anda memperhatikan blind yang umum dipasang di ruang perkantoran, maka dapat Anda lihat adanya celah di antara bilah-bilah blind tersebut. Celah-celah ini dapat mengurangi privasi di dalam ruangan karena apabila pencahayaannya mendukung, maka bukan tidak mungkin celah-celah yang berjumlah banyak tersebut akan menjadi jalan lewatnya cahaya sehingga privasi menjadi kurang terjaga.

Di lain sisi, wooden blind adalah hal yang berbeda. Blind jenis kayu memiliki konstruksi yang kuat. Di tambah dengan bilah yang kokoh karena terbuat dari kayu, maka blind akan menutup jalan lewatnya cahaya dengan sangat baik dan hampir sempurna. Oleh karenanya, blind jenis wooden sangat cocok untuk dipasang di rumah, meski bukan berarti blind jenis kayu tidak bisa dipasang di perkantoran. Selama untuk tujuan keindahan dan aestetik walau privasi tidak terlalu penting, mengapa tidak?

  1. Mudah Dibersihkan

Ya, ini juga merupakan salah satu keunggulan wooden blind, yakni mudah dibersihkan. Meskipun kayu nampaknya merupakan benda yang menyerap air atau cipratan noda, bilah-bilah kayu pada blind telah dilapisi dengan pernis sehingga cairan tidak akan mudah diserap oleh serat-serat kayu. Pernis akan menutup celah serat secara hampir merata. Hal ini tentu akan membuat noda menjadi mudah dibersihkan.

  1. Tahan Lama

Jika Anda perhatikan blind lain, Anda akan menyadari bahwa bilah-bilahnya kemungkinan akan bengkok setelah penggunaan dalam waktu yang cukup lama. Bengkoknya bilah ini akan menyebabkan blind menjadi sulit untuk dibuka atau ditutup. Hal ini tentu tidak akan terjadi dengan wooden blind. Seperti yang dijelaskan dalam poin 2, blind yang terbuat dari kayu memiliki keunggulan berupa bilah-bilah kayunya yang kokoh dan tidak mudah bengkok. Oleh karenanya, blind tipe wooden akan tahan lebih lama daripada blind tipe lainnya.

Itulah 4 keunggulan sebuah wooden blind dibanding dengan blind lainnya. Namun, tidak ada hal yang sempurna. Blind tipe wooden ini pun memiliki satu kelemahan yang terletak justru pada bahan kayunya, yakni serangan jamur. Jadi, bilah-bilah kayu pada blind harus sering dilap agar tetap kering dan tidak lembab. Oleh karena itu pulalah blind tipe wooden tidak cocok digunakan di kamar mandi kecuali apabila blind tersebut telah dilapisi dengan zat anti jamur.

Variasi Harga Wooden Blind di Pasaran

Sebuah blind biasanya dijual dalam bentuk satu set lengkap dengan tali penarik serta relnya. Namun, harga tersebut masih dapat disesuaikan dengan panjang dari blind yang dibutuhkan. Salah satu produsen blind ternama dengan produk yang tersebar di Indonesia adalah Sharp Point. Produsen ini telah dikenal sebagai produsen blind dengan kualitas tinggi yang tidak mudah rusak.

Sharp Point pun juga memproduksi wooden blind. Berikut ini adalah daftar harga dari blind tipe wooden per meter persegi. Harga berikut ini juga dihitung berdasarkan lebar bilah dan sudah termasuk dengan rel.

  • Bilah 27mm: Rp 375.000,-/m2
  • Bilah 35mm: Rp 420.000,-/m2
  • Bilah 50mm: Rp 486.000,-/m2

Selain Sharp Point, ada pula produsen blind lain yang juga dikenal karena kualitasnya, yakni Onna Blind. Berikut ini adalah harga-harga blind wooden yang dibuat oleh Onna.

  • 25mm- Ramin / Wood Wand

String Tape: Rp 465.000,-/m2

  • 35mm – Ramin / Cord

String Tape: Rp 662.400,-/m2

Ladder Tape: Rp 696.600,-/m2

  • 50mm – Ramin / Cord

String Tape: Rp 696.000,-/m2

Ladder Tape: Rp 732.000,-/m2

Ya, dapat Anda lihat bahwa harga blind tipe wooden dari kedua produsen memang berbeda. Keduanya memang bersaing dengan keunggulannya masing-masing.

Itulah ulasan mengenai wooden blind dari segi keunggunalannya dibanding blind lain serta sedikit ulasan mengenai harga. Jika Anda berminat dengan desain yang apik dan tampak natural serta minimalis, maka sekali lagi, blind tipe wooden adalah solusi yang tepat untuk Anda, baik dari segi ketahanan maupun keindahan. Semoga bermanfaat.

Horizontal Blind Jogja,DI Yogyakarta
Horizontal Blind Semarang, Jawa Tengah


[vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css=”.vc_custom_1446127685971{margin-bottom: 25px !important;}”]

Gorden Jogja, DI Yogyakarta

Aditya Wicaksono 081-754-192-07
Jl. Garuni II No. 8, Kledokan, Sleman, Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css=”.vc_custom_1446127675947{margin-bottom: 25px !important;}”]

Gorden Semarang, Jawa Tengah

Yongki Wicaksono 081-5750-67897
JL Karangkojo Selatan, No. 432 G, Semarang, 50124[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css=”.vc_custom_1446127975826{margin-bottom: 50px !important;}”]


 

Jual ,Harga ,Info ,Jasa
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hello@quadlayers.com

× WhatsApp