Contact to us

Umum

Ciptakan Ruang Kerja di Rumah untuk Meningkatkan Produktivitas

Covid-19 yang menyerang kurang lebih 7 bulan ini membuat semuanya menjadi terhenti. Aktivitas banyak yang tiba-tiba berhenti,  hingga sebuah pekerjaan yang belakangan ini menjadi tugas rumah. Hidup selama 7 bulan di rumah saja memang cukup berat, terlebih kondisi rumah takkan pernah sama dengan kondisi kantor.  Hal ini yang menyebabkan produktivitas bekerja menjadi semakin menurun. Menciptakan ruang kerja di rumah dengan nyaman bisa dijadikan sebuah pilihan yang memang sangatlah tepat.

                Di masa New Normal yang disinyalir banyak kegiatan yang mulai kembali seperti semula ini harus menuai kontroversi. Di balik semua kebutuhan yang harus berjalan, namun protokol kesehatan malah diabaikan. Maka dari itu dampaknya angka yang tak menunjukan penurunan, sehingga penerapan Work From Home  mulai diterapkan lagi.

                Setelah berdiam  diri dan harus kembali ke rumah rasanya banyak sekali hal yang mengganggu pikiran. Pasalnya sebuah pekerjaan yang tak dikerjakan di ruang kerja jauh lebih sulit terselesaikan dibanding dengan bekerja langsung di kantor. Maka dari itu sebenarnya ada yang perlu dibenahi, setidaknya untuk meningkatkan produktivitas bekerja dengan menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman selama masa pandemi.

Pentingnya Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman

                Tentu saja hal ini menjadi banyak dilakukan. Pasalnya sebuah rumah tentu saja tak akan pernah bisa seperti kantor. Rumah  yang biasanya dijadikan tempat untuk beristirahat dan melepas penat justru sekarang rumah malah menjadi stresor baru yang tak bisa dihindari.

                Mengerjakan apapun dari rumah memang sulit bagi sebagian orang, karena bisa jadi di rumah justru banyak distraksi yang bermunculan, sehingga mengakibatkan pekerjaan yang tak selesai. Hal inilah yang memang perlu untuk dipertimbangkan dengan cara menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman.

                Menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman adalah salah satu cara untuk memperbaiki produktivitas kerja yang menurun karena adanya burn out yang kian hari kian bertambah. Pentingnya ruang kerja di rumah yang nyaman tentu saja harus mulai dipikirkan sejak sekarang karena memang akan membuat rumah menjadi jauh semakin nyaman walaupun memang pada kenyataannya rumah adalah tempat untuk beristirahat.

                Jika ditanya seberapa pentingnya sebuah ruang kerja yang nyaman di rumah tentu saja sangatlah penting. Ruang kerja di rumah akan memberikan sebuah space khusus yang mana diharapkan akan meningkatkan sebuah produktivitas bekerja.

                Ruang kerja di rumah yang di desain dengan sangat nyaan tentu saja akan meningkatkan produktivitas kerja. Mengapa demikian? Simak beberapa di antaranya di bawah ini dan dapatkan kelebihannya jika menggunakan ruang kerja di rumah yang nyaman untuk mengerjakan pekerjaan yang di bawa pulang ke rumah.

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

                Tentu saja ruang kerja yang nyaman di rumah akan meningkatkan sebuah produktivitas kerja. Lingkungan yang nyaman ruang kerja di rumah yang nyaman pula akan menjadi sebuah hal yang memang benar-benar menarik. Produktivitas kerja yang meningkat juga bisa dengan mudah mengurangi burn out pada diri sendiri.

                Menciptakan suasana kerja di rumah yang nyaman adalah sebuah kunci utama untuk membuat hidup jauh lebih baik ditengah pandemi yang masih terus berlangsung ini. Suasana kerja yang menenangkan akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mental seseorang yang memang harus dilakukan.

2. Mengurangi Sikap Menunda Pekerjaan

                Ruang kerja di rumah memang harus di setting layaknya kantor agar tidak terdistraksi banyak hal. Menciptakan ruang kerja sederhana di rumah adalah hal yang bisa dilakukan agar pekerjaan selesai saat itu juga. Jika pekerjaan diselesaikan saat itu juga tentu saja tidak akan membuat  pekerjaan menjadi terus menumpuk. Hal inilah yang akan membuat produktivitas bekerja juga akan ikut meningkat.

3. Tidak Mudah Burn Out

                Kerap mendengar kata burn out? Burn out adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasakan kelelahan yang begitu luar biasa akan satu kegiatan yang terus diulang-ulang dalam waktu yang panjang. Burn out bisa dikatakan sebagai keadaan dimana seseorang sedang mengalami buntu ide dan butuh rehat sejenak.

                Jadikanlah sebuah ruang kerja di rumah senyaman mungkin agar bisa dengan mudah menghindari burn out. Pasalnya sebuah kondisi ini sangat mengganggu produktivitas kerja. Burn out harus segera di selesaikan secara bertahap dengan  istirahat yang cukup dan ruang kerja yang nyaman.

Membuat Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman

                Membuat ruang kerja yang nyaman tentu saja menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan. Terutama rumah bukanlah sebuah kantor, sehingga harus ada beberapa cara yang mana membuat rumah menjadi nyaman untuk bekerja. Perhatikan tips di bawah ini mengenai membuat ruang kerja di rumah yang nyaman dan akan meningkatkan produktivitas kerja.

1. Jauhkan dari Gangguan

                Jauhkan meja dari berbagai macam gangguan. Misal ponsel yang terus berdering di jam kerja namun bukan urusan pekerjaan lebih baik ditinggalkan terlebih dahulu,atau diletakkan jauh dari meja kerja. Hal ini akan membuat produktivitas kerja semakin meningkat. Pasalnya sebuah meja kerja yang terhindar dari gangguan berderingnya ponsel dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus pada pekerjaan.

2. Ruang Kerja di Rumah dengan Cahaya yang Cukup

                Terkadang kita semua kerap melupakan akan adanya peran cahaya. Padahal kala Pagi hari cahaya alami dari sinar matahari adalah pilihan tepat untuk  relaksasi diri sebelum bekerja. Pasanglah penutup jendela yang tepat dan simple tanpa adanya sebuah aksen terlalu banyak layaknya sebuah Slimline Blind atau bisa juga menggunakan gorden sheer yang simple.  Pastikan Anda mendapatkan cahaya matahari Pagi.

                Pastikan cahaya Pagi masuk melalui jendela ruang kerja di rumah Anda. Cahaya matahari Pagi merupakan salah satu unsur bumi terbaik untuk membuat mood menjadi semakin meningkat dan akan berdampak positif pada sebuah produktivitas kerja.

3. Pengharum Ruangan yang Menenangkan

                Ruang kerja di rumah akan jauh lebih nyaman jika berikan pengarum ruangan yang menyenangkan. Pengharum ruangan citrus atau coffee adalah dua pilihan yang  tepat membuat ruangan menjadi jauh lebih rileks. Jika ingin ruangan bernuansa natural pilihlah aroma pine atau lemongrass hal ini akan membuat pikiran jauh lebih tenang, sehingga bekerja makin jernih.

4. Kursi yang Nyaman

                Posisi duduk sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Maka dari itu hindari kasur ketika bekerja. Duduklah pada kursi yang nyaman dan meja yang nyaman pula. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan bersandar di tempat tidur.

                Ciptakan suasana seolah-olah Anda sedang berada di kantor. Maka dari itu Anda akan merasakan adanya rasa tenang dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan di hari itu juga.  Jadikan rumah sebagai tempat bekerja yang nyaman dengan melakukan beberapa hal di atas. Ruang yang nyaman akan membentuk semangat kerja yang tinggi.

Gorden Jogja, DI Yogyakarta

Aditya Wicaksono 081-754-192-07 | 081-5656-9787 | 081-2211-58270
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 7,8 No 18 Ngaglik Sleman Jogjakarta

melayani wilayah Klaten,Solo,Purworejo,Kebumen,Purwokerto,Cilacap,Magelang

Gorden Semarang, Jawa Tengah

Yongki Wicaksono 081-5750-67897
JL Karangkojo Selatan, No. 432 G, Semarang, 50124

Melayani wilayah Demak,Kudus, Weleri,Batang,Pekalongan,Ambarawa,Salatiga

Gorden Manado, Sulawesi Utara

08156569787
Perum Graha Camar Tikala Blok H no 4 Kec Tikala, Manado, Sulawesi Utara

× WhatsApp