Contact to us

menghilangkan bosan
Umum

Lakukan Ini untuk Menghilangkan Bosan Saat Swakarantina

How’s self quarantine so far? Menyenangkan atau membosankan? Pasti akan banyak yang menjawab membosankan. Terang saja, saat ini Indonesia sudah memasuki minggu ke empat sejak pertama kali di tetapkan swakarantina oleh pemerintah. Ragam aktivitas kadang sudah dilakukan untuk menghilangkan penat di kepala namun apakah aktivitas yang di lakukan selama ini sudah mampu menghilangkan bosan?

            Bosan adalah salah satu keadaan alamiah yang akan di alami oleh manusia, yang mana ketika manusia merasakan bosan maka akan merasa bahwa dirinya butuh untuk berintraksi sosial. Manusia memang sejatinya mahkluk sosial, baik yang memiliki kepribadian ambivert maupun introvert sekalipun manusia adalah makhluk sosial yang tak akan bisa lepas dari peran interaksi manusia lainnya.

            Namun bagaimana di saat wabah seperti ini? Kegiatan yang biasanya bisa dilakukan bersama teman-teman kini harus ditunda terlebih dahulu. Memang memasuki minggu ke empat bukanlah hal mudah untuk menahan diri tidak berkegiatan yang tak ada pentingnya di luar rumah. Sejak swakarantina disinyalir menjadi sebuah penyelesaian yang baik membuat semua orang kini menjalankan banyak aktivitasnya di rumah, mulai dari yang bersekolah hingga yang bekerja.

            Manusia memang pada dasarnya memiliki pola yang sama, yang mana jika melakukan kegiatan tanpa henti dengan cara yang sama dan secara terus menerus tanpa ada suatu kejelasan maka akan merasa bahwa dirinya menjalani sesuatu yang membosankan, dan hal ini adalah salah satu yang wajar di alami oleh seseorang yang mana memang akan merasakan bosan selama swakarantina. Maka dari itu penyelesaian yang di perlukan saat ini adalah dengan cara menghilangkan bosan dengan ragam kegiatan unik.

Flashback Masa Lalu Indonesia dalam Menangani Kasus Wabah

            Sebelum masuk dalam pembahasan cara menghilangkan bosan saat swakarantina, mari kita flashback sejenak akan beberapa penyakit yang pernah muncul di Indonesia. Indonesia sejak berabad-abad lalu juga pernah mengalami hal serupa dengan adanya penyakit malaria, hingga cacar.

Penularan di Indonesia selalu sangat pesat, bahkan jauh lebih pesat di bandingkan dengan negara asalnya. Indonesia selalu memiliki tingkat kematian tertinggi di dunia berkat beberapa penyakit sebelumnya, hal ini karena masyarakat Indonesia tak memahami betul akan pentingnya swakarantina.

            Bahkan berita buruknya WHO mengungkapkan bahwa negara Indonesia ini dianggap tidak siap melawan COVID-19. WHO mengkhawatirkan Indonesia, karena sejak awal saat COVID-19 ini muncul, Indonesia tak memiliki perlindungan apapun untuk rakyatnya. Semua akses sangat terbuka lebar yang mana menyebabkan virus ini masuk ke Indonesia, mengingat virus ini dibawa oleh manusia.

            Lalu apakah yang bisa dilakukan agar apa yang diperkirakan WHO tentang Indonesia tidak terjadi? Jawabannya satu. Jangan menjadi orang yang egois, jika tak memiliki kepentingan lakukan aktivitas di rumah saja. Jika selama ini belum bisa membantu banyak untuk kemajuan negara, ini adalah salah satu cara termudah untuk tetap di rumah. Hanya dengan di rumah saja, kita semua dapat menekan laju pandemic ini.

Cara Menghilangkan Bosan Walaupun Di Rumah Aja

            #dirumahaja adalah salah satu hal yang memang menjadi perbicangan hangat setelah selama ini terlalu banyak aktivitas di luar sebenarnya inilah saatnya melakukan kegiatan yang mulanya sempat tertunda. Sebenarnya untuk menghilangkan bosan tentu saja akan ada beberapa cara yang disajikan yang mana cara ini akan membuat siapapun menjadi lebih memiliki manfaat dalam hidupnya.

            Pada saat swakarantina manusia memang wajar merasa bosan, maka di bawah ini akan di bahas beberapa cara menghilangkan bosan saat swakarantina. Semua cara menghilangkan bosan ini bisa dilakukan di rumah aja, bersama keluarga tercinta. Lakukan semua kegiatan di rumah penuh cinta, upayakan ciptakan rumah yang sangat nyaman untuk menunjang kegiatan #dirumahaja.

Cara Menghilangkan Bosan Saat Swakarantina :

1. Cara Menghilangkan Bosan dengan Berkebun

            Tahukah Anda bahwa berkebun akan menghilangkan tingkat stres seseorang? Berkebun adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari ragam toxic yang ada di dunia ini. Melalui berkebun, kita akan belajar mencintai tanaman, dan tentu saja membuat bumi tetap sehat.

            Banyak seni berkebun asik yang bisa di lakukan, salah satunya adalah dengan cara klasik yaitu menanam dan menghias pohon bonsai. Menanam bonsai tentu sangat mengasikkan, Anda bisa mencobanya untuk mencarinya di pinterest.

2. Cara Menghilangkan Bosan dengan Menjahit

            Memiliki keinginan untuk bisa menjahit? Tahukah Anda ada seni menjahit asik di dunia ini? Sashiko namanya. Berasal dari negeri sakura Jepang, sashiko adalah sebuah teknik menjahit dengan menggunakan benang yang mana di bentuk sepertipola anyaman, maupun pola lainnya yang Anda inginkan.

            Jika Anda memiliki sarung bantal yang sangat usang dan ingin membuatnya menjadi sarung bantal baru, maka tak ada salahnya Anda menggunakan teknik sashiko untuk memberikan look yang baru. Tentu saja teknik sashiko ini akan membuat barang usang milik Anda mejadi baru lagi. Ini juga bisa dilakukan bersama keluarga lho karena hanya membutuhkan benang jahit biasa dan jarum.

3. Cara Menghilangkan Bosan Make Over Rumah

            Memiliki desain rumah yang sudah membosankan? Ini waktu yang tepat untuk make over sebuah rumah. Rumah yang indah adalah rumah yang akan membuat penghuninya menjadi nyaman. Make over rumah bisa dilakukan dengan menata ulang letak meja kerja, maupun ruangan  lainnya.

            Ciptakan rumah yang homey, dan hangat. Ganti beberapa tirai yang lama menjadi tirai yang baru. Ciptakan sebuah rumah yang nyaman dengan warna-warna yang menenangkan dan hangat seperti warna hazelnut, atau warna beige. Jika ingin membuat rumah tampak segar dan kekinian, gunakan sentuhan warna mint atau kuning.

            Ubah rumah senyaman mungkin dengan beragam refrensi yang bisa di dapatkan di sini. Ragam cara mudah juga bisa dilakukan untuk mengubah rumah Anda menjadi jauh lebih nyaman, sehingga saat swaisolasi akan jauh lebih menyenangkan.

4. Cara Menghilangkan Bosan dengan Beres-Beres Rumah

            Jika Anda memiliki planning tertunda untuk membereskan rumah maka ini adalah saat yang tepat untuk melaksanakan to do list yang sempat tertunda akibat aktivitas yang sangat sibuk. Mulailah melakukan kegiatan membereskan rumah bersama keluarga, selain akan membuat rumah menjadi jauh lebih nyaman, ikatan antar penghuni rumah juga akan semakin hangat.

5. Cara Menghilangkan Bosan dengan Me Time

            Satu lagi, jangan lupa untuk melakukan self-care setiap harinya. Lakukan hal yang sebelumnya di sukai,  semisal menonton film, memasak bersama keluarga, mencoba hal-hal baru seperti melakukan DIY sebuah barang multifungsi, atau olah raga sejenak dan menikmati hidup dengan secangkir teh atau kopi tiap Paginya. Usahakan untuk selalu berpikir positif, karena dengan cara ini Anda bisa memperkuat sistem imun tubuh. Mengingat ketika seseorang memiliki sistem imun tubuh yang kuat virus COVID-19 ini tak akan bisa menembus pertahanan Anda.

Cara Menghilangkan Bosan dengan Membangun Suasana Positif

            Setelah mengetahui beberapa cara menghilangkan bosan saat swakarantina, sekarang akan dibahas bagaimama menciptakan ruangan kerja atau belajar yang nyaman di rumah agar pekerjaan apapun dapat dilaksanakan dengan baik tanpa  adanya sebuah hal yang mengganggu pekerjaan.

            Menciptakan lingkungan yang mirip kantor dan sekolah di rumah memang bukanlah hal yang mudah, karena sejatinya pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang hanya sampai pada pintu sebuah kantor. Namun dalam keadaan seperti ini rumah menjelma menjadi kantor, sekolah, bahkan universitas yang akan memiliki banyak aspek yang harus ada di dalamnya. Lalu  bagaimanakah caranya?

1. Ciptakan Ruang Kerja Sendiri

            Mengubah mindset rumah layaknya kantor atau sekolah memang sangatlah susah terlebih jika memiliki rumah minimalis dengan minimnya sebuah furnitur. Namun jangan khawatir Anda bisa dengan muda menyiapkan satu meja dan satu kursi di ruang kamar tidur Anda dan hadapkan meja dan kursi mengarah ke jendela.

            Letakkan beberapa benda penunjang yang memang penting saja bukan yang ingin di letakkan. Letakkan pencil case dengan semua alat tulisnya, laptop dengan charger dan beberapa tambahan seperti camilan maupun secangkir kopi dan teh. Untuk membuat ruang kerja buatan menjadi lebih nyaman tak ada salahnya menggunakan lilin aroma terapi lavender ataupun sebuah aroma mint yang menyejukkan pikiran.

            Seduhlah teh hangat dengan bunga chamomile atau shafron untuk menenangkan pikiran, hal ini juga salah satu cara untuk me time. Jika sudah bosan dengan teh maka bisa menggantinya dengan kopi atau minuman lain yang memang disukai. Sebisa mungkin duduklah selama jam bekerja berlangsung, karena terkadang di rumah membuat seseorang mudah terdistract jadi letakkan apa yang memang biasanya ada di kantor, di meja Anda sekarang. Ciptakan meja senyaman mungkin.

2. Sirkulasi Udara dan Cahaya

            Cara menghilangkan bosan selanjutnya adalah, dengan membiarkan cahaya masuk dengan sirkulasi udara yang baik. Jika menggunakan sebuah penutup jendela biasa terkadang terlalu gelap yang bisa dilakukan adalah mengganti penutup jendela yang sederhana namun memiliki kesan yang sejuk dan indah dipandang mata.

            Misal saja menggunakan roller blind solar screen yang mana akan memberikan cahaya terbaik dengan sinar UV yang sudah berhasil di saring. Maka dengan demikian walaupun bekerja di balik jendela tidak akan merasa panas, simak beberapa harganya di bawah ini :

Roller Blind Solar Screen seri 10, 14

  • Chain 25 Rp 435.000 / m2
  • Chain 38 Rp 517.000 / m2
  • Chain 50 non head rail Rp 555.000 / m2
  • Spring 38 Rp 627.000 / m2
  • Chain w/ Valance Rp. 664.000 / m2
  • Chain 38 w/ Spring assist Rp 690.000 / m2

Roller Blind Solar Screen seri 18

  • Chain 25 Rp 627.000 / m2
  • Chain 38 Rp 709.000 / m2
  • Chain 50 non head rail Rp 747.000 / m2
  • Spring 38 Rp 819.000 / m2
  • Chain 38 / valance Rp. 856.000 / m2
  • Chain 38 w/ Spring assist Rp. 882.000 / m2

Roller Blind Solar Screen seri 12, 13 NEW

  • Chain 25 Rp 651.000 / m2
  • Chain 38 Rp 733.000 / m2
  • Chain 50 non head rail Rp 771.000 / m2
  • Spring 38 Rp 843.000 / m2
  • Chain 38 w/ Valance Rp. 880.000 / m2
  • Chain 38 w/ Spring assist Rp 906.000 / m2

Gorden Jogja, D I Yogyakarta

Aditya Wicaksono 081-754-192-07 | 081-5656-9787 | 081-2211-58270
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 7,8 No 18 Ngaglik Sleman Jogjakarta

melayani wilayah Klaten,Solo,Purworejo,Kebumen,Purwokerto,Cilacap,Magelang

Gorden Semarang, Jawa Tengah

Yongki Wicaksono 081-5750-67897
JL Karangkojo Selatan, No. 432 G, Semarang, 50124

Melayani wilayah Demak,Kudus, Weleri,Batang,Pekalongan,Ambarawa,Salatiga

Gorden Manado, Sulawesi Utara

Grieta 081-24567-8398 / 082-19006-1119
Perum Graha Camar Tikala Blok H no 4 Kec Tikala, Manado, Sulawesi Utara

× WhatsApp