Contact to us

Harga Shower Screen
Umum

Tips Memilih Shower Screen Sesuai dengan Desain Kamar Mandi

Tips Memilih Shower Screen Sesuai dengan Desain Kamar Mandi


Kamar mandi merupakan salah satu bagian dari ruang dalam sebuah rumah. Desain interior kamar mandi yang disusun secara apik akan menjadikan pemakainya nyaman dan merasakan kesegaran saat berada di kamar mandi tersebut. Kenyamanan sebuah kamar mandi selain ditentukan oleh tema yang akan diaplikasikan pun ditentukan dari elemen yang dipakai dalam kamar mandi tersebut. Berbagai hal penting lainnya seperti shower screen dalam desain interior kamar mandi pun harus Anda perhatikan.

Salah satu elemen yang terdapat dalam desain interior kamar mandi yakni shower. Shower termasuk salah satu perangkat kamar mandi yang begitu populer di zaman sekarang, terlebih pada kamar mandi dengan luas terbatas. Sebagai salah satu perangkat kamar mandi, shower dipakai selain karena praktis, pemasangan shower pun akan menghemat tempat karena umumnya tertanam di plafon atau dinding.

Keuntungan lain dari pemakaian shower screen dalam desain interior kamar mandi yakni menghemat penggunaan air. Anda bisa menghemat pemakaian air hingga 50 % jika dibanding dengan kamar mandi yang memakai bak mandi. Penghematan air ini pastinya akan berdampak pada penghematan biaya, terlebih jika sumber air rumah Anda harus membeli.

Saat Anda ingin memakai shower dalam desain interior kamar mandi Anda, terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pemilihan shower yang tanpa mempertimbangkan beberapa hal berikut akan menyebabkan kenyamanan kamar mandi Anda terasa jauh dari yang Anda harapkan.

Shower Screnn Untuk Melengkapi Desain Interior Kamar Mandi

Dengan perkembangan dalam desain interior kamar mandi, pastinya diikuti dengan perkembangan bentuk, ukuran beserta model instalasi shower. Anda harus memerhatikan model dan jenis instalasi apa yang akan Anda terapkan dalam sebuah desain kamar mandi Anda. Karena ada banyak model yang cocok untuk ruangan tertentu dan tak cocok untuk bentuk ruang yang lain.

Apabila Anda memilih shower dengan model berdiri, maka letakkan shower (freestanding) di sudut ruang supaya lebih efisien dan terasa lapang. Selain itu Anda harus memerhatikan pemasangan posisi tirai penyekat (shower curtain atau kaca) supaya percikan air tak menyebar ke mana-mana. Dengan demikian, Anda tak akan direpotkan jika menghendaki ruang kering dalam kamar mandi Anda.

Video : Shower screen untuk kamar mandi

Tips Memilih Shower Screen

  • Bentuk shower

Sekarang ini tersedia shower dengan berbagai bentuk beserta ukuran di beberapa toko bangunan di sekitar Anda. Hal ini pastinya akan memudahkan Anda dalam mencari shower yang cocok dengan desain interior kamar mandi Anda. Terdapat shower screen yang tertanam dalam plafon atau dinding, ada pula yang lebih fleksibel, yang bisa Anda gerakkan sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda memakai built in shower atau shower yang instalasinya tertanam dalam sebuah plafon atau dinding, Anda tak memiliki keleluasaan menyemprotkan air ke bagian tubuh Anda. Akan tetapi jika tipe hand shower yang Anda pilih, Anda bisa menggerakkan shower ke manapun sesuai dengan yang Anda inginkan.

Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika bentuk hand shower yang Anda pakai, ketinggian dari penyangga shower tersebut. Anda harus memastikan penyangga shower tersebut bisa dijangkau oleh siapapun yang memakai kamar mandi tersebut. Tinggi yang disarankan yakni berkisar antara 190 cm sampai 200 cm.

  • Pengaturan suhu

Hal ini akan terhubung dengan cuaca yang kerap tak menentu. Jika suatu saat cuaca sangat dingin sementara Anda harus mandi pastinya air hangat sangat Anda butuhkan. Sebaliknya cuaca yang gerah dan panas, sudah pasti air dingin sangat cocok untuk mandi. Karenanya dalam memilih shower akan dilengkapi dengan thermostat.

Dengan thermostat, maka suhu air bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika menggunakan shower screen sebaiknya pilih yang bagian thermostat-nya dilengkapi dengan material penghambat panas, hal ini mempunyai tujuan agar kulit tak melepuh saat menyentuh termostat tersebut. Karena kerap tanpa sengaja seseorang menyentuh bagian thermostat tersebut.

  • Kekuatan pancaran air shower

Hal ini harus Anda perhatikan pula. Beberapa shower memiliki kekuatan pancaran air shower yang berbeda-beda. Anda harus memilih shower dengan semprotan atau pancaran air shower sesuai yang Anda inginkan. Jangan sampai saat Anda memakai shower di kamar mandi, justru Anda tak merasakan kenyamanan.

Ada banyak jenis shower dengan pola dan kekuatan pancar air shower yang berbeda-beda. Ada shower dengan percikan air seperti jarum, semprotan yang halus hingga semprotan keras. Apabila Anda termasuk orang yang suka berlama-lama dalam kamar mandi, shower dengan semprotan yang halus sangat direkomendasikan untuk Anda.

Sebaliknya jika Anda termasuk orang yang tak suka berlama-lama dalam kamar mandi, maka jangan memakai shower dengan semprotan deras. Pemilihan shower screen dengan mempertimbangkan kekuatan pancaran air ini salah satu hal yang mendasari adanya penghematan pemakaian air. Karenanya, pahami dulu kebiasaan mandi Anda.

  • Jangan menggunakan wall shower

Mungkin niatnya, Anda hanya ingin mempunyai kamar mandi seindah di hotel atau gym, sehingga Anda dapat memakai shower besar yang ditempel pada tembok yang kepala shower-nya menjulur tepat di atas kepala. Kelebihan pancuran ini yakni airnya jauh lebih besar dan sangat menyegarkan, akan tetapi shower screen jenis ini jauh lebih boros penggunaan airnya jika dibandingkan menggunakan shower biasa.

  • Gunakan sekat untuk area mandi

Jauh lebih baik jika Anda memakai pembatas antara area mandi dengan toilet atau wastafel. Hal ini dikarenakan, saat mandi dengan shower, air akan muncrat ke seluruh sudut dalam kamar mandi Anda. Memang lantai dan dinding kamar mandi akan kering dengan sendirinya, namun cipratan air yang mengandung sabun akan membuat dinding kamar mandi beserta toiletnya menjadi mudah kotor dan kusam. Karena itu, gunakan sekat seperti tirai, kaca, dan partisi untuk membatasi area bilas.

  • Gunakan hand shower

Shower screen yang mempunyai gagang sehingga Anda dapat memegangnya jauh lebih cocok digunakan oleh anggota keluarga lainnya seperti anak Anda. Hal ini dikarenakan ukuran ketinggian shower bisa disesuaikan dengan tinggi tubuh anak Anda. Sehingga dengan mudah Anda bisa mengarahkan shower di beberapa tubuh tertentu yang membutuhkan air, seperti area kaki, punggung atau bagian lipatan seperti leher dan siku.

  • Cek saluran air

Seperti yang Anda tahu, ketika mandi menggunakan shower  maka pancuran air akan cepat sehingga memerlukan saluran air yang tidak terhambat supaya air tak menggenang di bawah shower Anda. Sebelum memasang shower, Anda harus memerhatikan saluran air kamar mandi Anda, pastikan tak ada sumbatan dan selalu bersihkan penutup saluran air sesudah mandi supaya tak ada rambut yang tersangkut yang akan membuat saluran Anda terhambat.

  • Ukuran shower

Shower screen yang beredar di pasaran sekarang ini memang semakin beragam, baik bentuk hingga ukurannya. Anda bisa memilih built in shower yang telah tertanam pada dinding kamar mandi Anda. Yang harus Anda perhatikan yakni penyangga shower terletak pada ketinggian yang mudah dijangkau oleh semua anggota keluarga. Ketinggian yang ideal berkisar yakni 190 cm sampai 200 cm.

terdiri dari berbagai variasi bentuk, hubungi kami untuk sample bahan dan bentuk

Shower Screen Jogja, DI Yogyakarta
Shower Screen Semarang, Jawa Tengah


Gorden Jogja, DI Yogyakarta

Aditya Wicaksono 081-754-192-07 | 081-5656-9787 | 081-2211-58270
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 7,8 No 18 Ngaglik Sleman Jogjakarta

melayani wilayah Klaten,Solo,Purworejo,Kebumen,Purwokerto,Cilacap,Magelang

Gorden Semarang, Jawa Tengah

Yongki Wicaksono 081-5750-67897
JL Karangkojo Selatan, No. 432 G, Semarang, 50124

Melayani wilayah Demak,Kudus, Weleri,Batang,Pekalongan,Ambarawa,Salatiga


Semarang,Yogyakarta,Jogjakarta,Klaten,Kebumen,Pekalongan,Salatiga,Magelang,Muntilan,ambarawa,kudus,batang

tags:

 

WhatsApp